Forum Diskusi
http://gizi.depkes.go.id/sigizi/forum/

Tidak Semua Anak Kurus Pasti Kekurangan Gizi
http://gizi.depkes.go.id/sigizi/forum/viewtopic.php?f=10&t=1226
Halaman 1 dari 1

Pengarang:  ihsansusanti [ Sab Mar 09, 2019 11:25 pm ]
Subjek post:  Tidak Semua Anak Kurus Pasti Kekurangan Gizi

Ada banyak orangtua yang salah paham mengenai gizi pada anak. Sering muncul pemikiran jika anak yang kurus tersebut kurang gizi serta demikian sebaliknya anak yang berbadan gemuk gizinya prima. Walau sebenarnya bisa jadi anak yang mempunyai tubuh lebih kurus telah cocok gizinya. Demikian sebaliknya, anak yang terlalu berlebih berat badannya malah tidak pas asupannya gizinya.

Dokter pakar anak Conny Tanjung mengungkapkan tidak semua anak yang keliatannya kurus alami kekurangan gizi. "Terkadang orangtua salah persepsi, saat anak kurus disangka kurang gizi tetapi anak yang gendut tetap disebut sehat. Walau sebenarnya tidak demikian sebab anak yang kurus bisa saja justru telah cocok gizinya," papar Conny Teka Teki Lucu.

Permasalahan berat tubuh anak di Tanah air memang masih tetap jadi rintangan. Penelitian kesehatan basic (Riskesdas) 2018 tunjukkan satu dari lima anak Tanah air alami berat tubuh yang kurang. Efeknya bila berlangsung ketika tumbuh kembang anak dapat terancam jadi wasting atau gizi jelek.

Kekurangan gizi mengganggu tumbuh kembang anak, ditambah lagi bila anak telah terdiagnosa stunting atau badan kerdil. Konsumsi gizi anak butuh jadi ketertarikan terpenting orangtua.

"Stunting dapat menyebabkan nilai kematian yang bertambah. Tentunya bakal mengganggu tumbuh kembang, bila dilewatkan bakal berlangsung penurunan berat tubuh serta kemampuan kerja. Bahkan juga IQ juga punya pengaruh, di hari esok juga bakal memengaruhi reproduksinya," katanya.

Orangtua diharuskan memerhatikan pemantauan perkembangan. Layaknya, panjang tubuh anak, tinggi tubuh, lingkar kepala anak juga butuh diukur, lantas di plot Menuju dalam kurva yang sesuai dengan. Kurva yang digunakan untuk pemantauan ini ialah kurva WHO.

Orangtua butuh sekali tahu keadaan anak serta juga memonitor berat tubuh. Ketika ini kesadaran semua warga masih tetap terbilang rendah untuk memonitor berat tubuh serta tinggi tubuh dengan teratur. Terhitung cuma ada 54,6 % anak balita dibawa Menuju sarana kesehatan yang sesuai dengan standard di selama tahun 2018.

mesi keaktifan orangtua memonitor status gizi serta menjumpai awal masalah perkembangan pada anak. Maksudnya supaya masalah tumbuh kembang anak dapat didapati selekasnya serta dikasihkan pertolongan melakukan perbaikan gizinya Matokeo Kidato Cha Nne.

Halaman 1 dari 1 Waktu dalam UTC + 7 jam
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
https://www.phpbb.com/