Forum Diskusi
http://gizi.depkes.go.id/sigizi/forum/

Orang Tua Diminta Serius Penuhi Gizi Anak
http://gizi.depkes.go.id/sigizi/forum/viewtopic.php?f=10&t=1227
Halaman 1 dari 1

Pengarang:  ihsansusanti [ Sab Mar 09, 2019 11:25 pm ]
Subjek post:  Orang Tua Diminta Serius Penuhi Gizi Anak

Orangtua disuruh untuk memerhatikan pemenuhan gizi anak. Terpenting mulai periode kehamilan sampai anak berumur dua tahun untuk cetak penerus berkualitas bebas kekerdilan.

"Intervensi pada 1.000 hari kesatu kehidupan tidak bisa diacuhkan sebab jadi penentu perkembangan fisik, kecerdasan serta produktivitas seorang," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primad, dalam acara diskusi bertopik Jajaran Sadar Gizi, Tanah air Sehat serta Produktif, di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (25/1). Acara itu diselenggarakan dalam peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) menuju 59 pada tahun ini.

Menurutnya, pemenuhan gizi pada 1.000 hari kesatu kelahiran atau mulai periode kehamilan sampai anak berusia dua tahun begitu memengaruhi kehidupan anak sampai waktu dewasa. Ia mengungkapkan seseorang anak yang alami kekurangan gizi saat waktu janin serta umur awal bakal punya pengaruh pada kurang maksimumnya perkembangan fisik anak layaknya tinggi tubuh yang tidak maksimal.

Menurutnya, bukan sekedar mengakibatkan pendeknya tinggi tubuh, kekerdilan atau stunting juga mengakibatkan kurang maksimumnya perubahan otak anak. Tidak hanya tersebut di hari esok, katanya, peluang kerja buat pasien stunting, limited sebab mereka mempunyai tingkat kecerdasan yang rendah.

Efek yang lain ialah terdapatnya resiko masalah metabolik yang menyebabkan beberapa penyakit tidak menyebar ketika anak itu bergerak dewasa layaknya penurunan peranan kebal, alami obesitas, penurunan toleransi glukosa, penyakit jantung koroner, hipertensi serta osteoporosis Butterfly wings. "Ini (kekurangan gizi) bakal berefek pada berkurangnya produktivitas yang setelah itu dapat menghalangi perkembangan ekonomi serta tingkatkan kemiskinan serta ketimpangan di semua warga," tuturnya.

Dalam peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) menuju 59 pada 2019, pihaknya mengharap pemerintah bersama dengan semua komponen semua warga kerja tak berbeda dalam pemenuhan gizi anak untuk menahan kekerdilan untuk hari esok Tanah air yang sehat serta berkualitas.

Halaman 1 dari 1 Waktu dalam UTC + 7 jam
Powered by phpBB® Forum Software © phpBB Group
https://www.phpbb.com/