Forum Diskusi

Media komunikasi interaktif
Sekarang ini Kam Jan 23, 2020 8:54 pm

Waktu dalam UTC + 7 jam




   [ 2 post ] 
Pengarang Pesan
PostDipost: Jum Apr 29, 2016 10:58 am 

Bergabung: Jum Apr 29, 2016 10:55 am
Post: 16
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan Program Gizi Anak Sekolah di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu (27/4) malam. Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kemdikbud Wowon Widaryat mengatakan, program perbaikan gizi anak sekolah bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dan prestasi siswa.

Dia menjelaskan, salah satu persoalan yang dihadapi dalam pembangunan SDM di bidang pendidikan adalah masih rendahnya kualitas gizi anak sekolah usia 6-14 tahun. Rendahnya kualitas gizi tersebut salah satunya disumbang oleh faktor asupan makanan yang tidak seimbang.

Berdasarkan data dari Analytical and Capacity Development Partnership, 20 persen anak memiliki kebiasaan makan kurang dari tiga kali sehari. Umumnya, mereka berangkat sekolah tanpa sarapan. Padahal, ucap Wowon tiket kereta, ratusan penelitian membuktikan bahwa sarapan sangat memengaruhi tingkat konsentrasi belajar dan bekerja.

Oleh sebab itulah, Kemdikbud meluncurkan Program Gizi Anak Sekolah yang akan menggabungkan pemberian sarapan bergizi serta pendidikan hidup bersih dan sehat.

"Saya berharap program ini dapat memenuhi minimal seperempat kebutuhan gizi harian anak," kata Wowon, saat memberikan sambutan dalam peluncuran Program Gizi Anak Sekolah di Hotel Aston Kupang.

Kabupaten Kupang akan menjadi proyek percontohan dalam program peningkatan gizi anak sekolah ini. Selain Kupang, program serupa juga diluncurkan di Kabupaten Timur Tengah Selatan dan Kabupaten Belu di Nusa Tenggara Timur. Menurut Wowon, Kemdikbud menargetkan Program Gizi Anak Sekolah akan diterapkan di tingkat nasional. Untuk tahap awal, program ini diprioritaskan di daerah yang terbelakang.


Atas
   
 
PostDipost: Kam Agt 18, 2016 10:13 pm 

Bergabung: Jum Apr 29, 2016 10:55 am
Post: 16
Jakarta, Masalah gizi di Indonesia bisa disebut mengalami double burden. Tak hanya masalah kurang gizi saja, nyatanya di Indonesia pun terjadi kelebihan gizi termasuk pada anak-anak. Untuk itu, kondisi ini menjadi tantangan tersendiri. Demikian disampaikan Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, dr Anung Sugihantono, MKes

"Ini jadi tantangan tersendiri di printer epson mana kita bisa memenuhi kebutuhan nutrisi atau gizi anak usia sekolah. Nah, untuk memenuhinya kita buat melalui inisiasi yang disebut sebagai program gizi anak sekolah," kata Anung usai Pengumuman Pemenang Lomba Sekolah Sehat Nasional 2016 di Grand Sahid Jaya Hotel, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (18/8/2016).

"Dulu ada program PMTAS atau pemberian makanan tambahan anak sekolah, seperti milik Kemenkes saja. Tapi sekarang Kemendikbud juga ambil peran. Saat ini sudah coba dilakukan di NTT dan di beberapa daerah, ada 1.500 SD," lanjut Anung.

Dalam program ini, disiapkan menu dengan kandungan gizi yang mencukupi nutrisi anak untuk usia sekolah. Ditegaskan Anung, pelaksanaan program ini perlu kerja sama berbagai sektor. Pemerintah daerah pun diharap aktif untuk mendukung program ini.

Dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan printer canon anak-anak usia sekolah, tengah digodok pula kegiatan senam kesegaran jasmani (SKJ) di sekolah. Kini, Kemenkes sudah menyiapkan beberapa modul terkait SKJ yang disesuaikan dengan kearifan lokal daerah.

"Misalnya seperti poco-poco, itu bisa digunakan. Pokoknya diharapkan ada model senam untuk kebugaran," pungkas Anung.

Indonesia mengalami beban ganda (double burden) akibat tingginya prevalensi anak kekurangan gizi dan juga anak kelebihan gizi. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan prevalensi anak kurang gizi meningkat dari 17,9 persen pada 2010 menjadi 19,6 persen di 2013. Di lain pihak, anak obesitas juga naik dari sebelumnya 6,6 persen menjadi 8,1 persen.


Atas
   
 
Tampilkan post-post sebelumnya:  Urutkan sesuai  
   [ 2 post ] 

Waktu dalam UTC + 7 jam


Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu


Anda tidak dapat membuat topik baru di forum ini
Anda tidak dapat membalas topik di forum ini
Anda tidak dapat mengubah post anda di forum ini
Anda tidak dapat menghapus post anda di forum ini
Anda tidak dapat mempost lampiran di forum ini

Cari:
Lompat ke:  
cron
POWERED_BY