Forum Diskusi

Media komunikasi interaktif
Sekarang ini Sen Jan 27, 2020 12:47 am

Waktu dalam UTC + 7 jam




   [ 1 post ] 
Pengarang Pesan
PostDipost: Rab Jul 06, 2016 6:58 am 

Bergabung: Min Mei 17, 2015 1:49 am
Post: 38
Olahragawan memerlukan makanan untuk memenuhi kebutuhan fungsi tubuh meliputi bergerak, membangun dan mengatur. Banyaknya makanan yang dikonsumsi sehari-hari perlu disesuaikan dengan kondisi fisik dan kebutuhan atlet secara individual, seorang petinju misalnya membutuhkan makanan lebih banyak dari pada seorang sprinter.

Kelebihan makanan akan menyebabkan kegemukan sebagai akibat menumpuknya simpanan lemak yang akan mengganggu proses dalam tubuh dan menghambat pencapaian prestasi puncak, demikian halnya dengan konsusmsi makanan yang terlalu sedikit akan menyebabkan penurunan live streaming rcti berat badan yang dapat berdampak pada penurunan prestasi. Upaya penurunan berat badan atlet perlu direncanakan dengan cermat, sebab cara penurunan berat badan yang salah seperti yang sering dilakukan atlet cabang olaraga beladiri dengan cara berlari-lari di tempat panas akan berdampak negatif terhadap kelangsungan fungsi tubuh dan akan menurunkan prestasi. Untuk mengendalikan berat badan secara efesien perlu disusun program diet sehingga olahragawan dapat mencapai puncak prestasi.

Nutrisi merupakan salah satu faktor penting dalam pembinaan olahraga sebab dalam pencapaian prestasi yang tinggi tidak bisa dilepaskan dari dukungan makanan yang berkualitas. Kelebihan berat badan menjelang bertanding merupakan salah satu kasus yang seringkali terjadi terutama pada cabang olahraga beladiri seperti pencak silat, kempo, tinju, gulat, taekwondo dan karate. Untuk mengatasai kelebihan berat badan pada umumnya pelatih atau atlet melakukan cara yang kurang tepat yakni dengan memeras keringat atlet sebelum betanding streaming euro rctimisalnya dengan lari-lari sambil berjaket plastik di tempat panas atau menggunakan obat-obatan pencahar untuk mengurangi cairan tubuh. Cara-cara tersebut sepintas nampak efektif karena dalam waktu yang singkat berat badan bisa diturunkan hingga 4 kg, namun sebenarnya cara tersebut justru merugikan bahkan membahayakan atlet itu sendiri. Hal tersebut disebabkan banyaknya keringat yang keluarkan berdampak terhadap terjadinya dehidrasi, banyak mineral penting seperti natrium ikut terbuang bersama dengan keluarnya keringat (Irianto, 2005).


Atas
   
 
Tampilkan post-post sebelumnya:  Urutkan sesuai  
   [ 1 post ] 

Waktu dalam UTC + 7 jam


Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu


Anda tidak dapat membuat topik baru di forum ini
Anda tidak dapat membalas topik di forum ini
Anda tidak dapat mengubah post anda di forum ini
Anda tidak dapat menghapus post anda di forum ini
Anda tidak dapat mempost lampiran di forum ini

Cari:
Lompat ke:  
cron
POWERED_BY