Forum Diskusi

Media komunikasi interaktif
Sekarang ini Kam Jan 23, 2020 6:40 am

Waktu dalam UTC + 7 jam




   [ 2 post ] 
Pengarang Pesan
PostDipost: Sab Mar 11, 2017 12:51 pm 

Bergabung: Min Mei 11, 2014 6:02 pm
Post: 68
Teknologi informasi bermanfaat pula untuk mengatasi gizi buruk. Misalnya, portal Sistem Informasi Gizi (SIGIZI) dan SMS Gateway yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan pada 2011.

“Sistem ini bisa mengoptimalkan penanganan gizi buruk di Indonesia,” ujar Kepala Subdirektorat Bina Kewaspadaan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Galopong Sianturi.

Portal SIGIZI tersebut memungkinkan bidan dan kader Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk langsung melaporkan kasus gizi buruk di daerahnya. Kementerian Kesehatan lantas bisa lebih mudah memantau dan mendata informasi yang tercantum dalam laman (website) Gizinet di http://gizi.depkes.go.id/sigizi/2014/.

SMS Gateway dirancang untuk memudahkan daerah terpencil yang komunikasi dan akses internetnya terbatas. Bidan dan kader di daerah-daerah tersebut dapat mengirimkan nama bayi laporannya lewat telepon seluler yang telah terpasang aplikasi “Clientgizi”, sedangkan aplikasinya dapat diunduh dari laman Gizinet.

Galopong hadir sebagai pembicara dalam Sosialisasi Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi dan Rakor Teknis Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat untuk MengurangiStunting (PKGBM). Acara ini diselenggarakan oleh MCA-Indonesia (Millennium Challenge Account – Indonesia), lembaga wali amanat yang dibentuk Pemerintah Indonesia sebagai pelaksana program hibah Compact dari Millennium Challenge Corporation (MCC). MCA-Indonesia melalui PKGBM mendukung inovasi Portal SIGIZI dan SMS Gateway menjadi contoh sebuah terobosan untuk mempercepat penurunan prevalensi stunting –keadaan tinggi badan anak di bawah rata-rata– di Indonesia.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2010 menunjukkan satu dari tiga anak di bawah umur lima tahun di Indonesia mengalami masalah gizi buruk. Lazimnya, mereka berasal dari keluarga miskin. Anak-anak dengan kondisi gizi buruk cenderung kurus, pendek, mudah sakit, serta perkembangan kecerdasannya terhambat. Sehingga, daya saing mereka berkurang dan terancam terjebak dalam kemiskinan.

Menurut UNICEF Indonesia, sebenarnya angka penduduk miskin di Indonesia dari tahun 2007 hingga 2011 telah menurun secara signifikan. Namun, berdasar Riskesdas 2013, prevalensi gizi buruk anak Indonesia justru meningkat dari 35,6% pada 2010 menjadi 37,2% pada 2013.

Karena itulah, MCA-Indonesia menjadikan pencegahan stunting sebagai salah satu proyek utamanya.

_________________
yalla shoot


Atas
   
 
PostDipost: Sab Agt 05, 2017 4:24 am 

Bergabung: Sab Jul 29, 2017 7:16 am
Post: 50
Artikel yang sangat membantu sekali nihhh, cocok bagi masyarakat kampung untuk mengetahui artikel ini,,,,,
harga acer one 10

_________________
Harga Mesin Cuci | Harga HP Oppo | Backpage posting 2018 | Penulisan daftar pustaka


Atas
   
 
Tampilkan post-post sebelumnya:  Urutkan sesuai  
   [ 2 post ] 

Waktu dalam UTC + 7 jam


Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu


Anda tidak dapat membuat topik baru di forum ini
Anda tidak dapat membalas topik di forum ini
Anda tidak dapat mengubah post anda di forum ini
Anda tidak dapat menghapus post anda di forum ini
Anda tidak dapat mempost lampiran di forum ini

Cari:
Lompat ke:  
cron
POWERED_BY