Forum Diskusi

Media komunikasi interaktif
Sekarang ini Kam Feb 20, 2020 12:38 pm

Waktu dalam UTC + 7 jam




   [ 1 post ] 
Pengarang Pesan
PostDipost: Sen Okt 24, 2016 7:56 am 

Bergabung: Jum Feb 06, 2015 5:35 pm
Post: 81
merupakan kelompok umur yang rentan terkena masalah gizi, padahal mereka adalah aset bangsa untuk kemajuan di masa datang. Masalah gizi adalah gangguan kesehatan seseorang atau masyarakat yang disebabkan oleh tidak seimbangnya pemenuhan kebutuhannya akan zat gizi yang diperoleh dari makanan. Masalah gizi (malnutrition), dibagi dalam dua kelompok yaitu masalah gizi-kurang (under nutrition) dan masalah gizi-lebih (over nutrition), baik berupa masalah gizi-makro ataupun gizi-mikro.

Gangguan kesehatan aki­bat masalah gizi-makro dapat dinilai secara antropometri yaitu berupa status gizi. Se­dang gangguan kesehatan akibat masalah gizi mikro disebut dalam bentuk keku­rangan(defisiensi) zat gizi mikro tertentu, seperti kurang zat besi, ku­rang zat yodium, ku­rang zat zink, dan kurang vitamin A.

Salah satu arah kebijakan perbaikan gizi sesuai Perpres No.2 tahun 2015 tentang RPJ­MN adalah peningkatan sur­vei­lans gizi, termasuk peman­tauan per­tumbuhan. Kegiatan sur­vei­lans gizi meliputi kegia­tan pengumpulan dan pengo­la­han data, penyajian serta di­seminasi informasi bagi pe­mangku kepentingan. Infor­masi dari sur­veilans gizi di­man­faatkan oleh para pe­mang­ku ke­pen­­tingan un­tuk mela­ku­kan tindakan segera mau­­­pun untuk perencanaan pro­gram jangka pendek, mene­ngah maupun jangka panjang ser­ta untuk perumusan kebija­kan.

Salah satu kegiatan pe­ngum­pulan data dalam survei­lans gizi adalah kegiatan Pe­man­tauan Status Gizi (PSG) untukmemantau status gizi penduduk secara teratur setiap tahundan faktor-faktor yang terkait, dalam rangka menga­wal upayaperbaikan gizi agar dapat mencapai tujuan yang ditetapkan. Pemantauan status gizi bermanfaatsebagai sum­ber informasi yang ce­pat, aku­rat, teratur dan berkelanjutan yang dapat digunakan un­tuk perencanaan, pe­nen­tuan kebi­jakan dan mo­nitoring serta pengambilan tindakan inter­vensi juga untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi berbasis bukti dan spesifik wilayah untuk daerah dan pusat.

Kegiatan Pemantauan Sta­tus Gizi (PSG) ini telah dilak­sanakan mulai tahun 2014 tetapi masih terbatas di 150 Kabupaten dan Kota di Indo­nesia dengan jumlah sampel 13.168 balita. Pada tahun 2015 PSG telah berhasil dila­ku­kan di 34 Propinsi dan di 496 Kabupaten/Kota dengan melibatkanlebih kurang 165.­000 Balita sebagai sampelnya. Kegiatan PSG di Propinsi Sumatera Barat pada tahun 2015 meliputi 19 Kabupaten/Kota dan 5700 balita sebagai sampel.

Status gizi balita dinilai menurut 3 indeks, yaitu Berat Badan Menurut Umur (BB/U), Tinggi Badan Menurut Umur (TB/U) dan Berat Badan Me­nu­rut Tinggi Badan (BB/TB). Ketiga nilai indeks status gizi dibandingkan dengan baku pertumbuhan WHO melalui perhitungan Z-score yai­tu nilai simpangan BB atau TB dari nilai BB atau TBnormal menu­rut baku pertumbuhan WHO.

Berdasarkan hasil PSG tahun 2015 untuk Propinsi Sumatera Barat menurut ke­lom­pok umur 0-59 bulan status gizi berturut-turut ber­da­sarkan indeks; BB/U kate­gori status gizi buruk 2,8%, status gizi kurang 14,5 %, status gizi baik 81,5% dan status gizi lebih 1,2%. Ber­dasarkan TB/U kategori status gizi sangat pendek 8,3 %, sta­tus gizi pendek 19,4%, status gi­zi normal 72,4%. Berda­sar­kan BB/TB kategori status gizi sangat kurus2,6 %, status gizi kurus 7,0%, status gizi normal 86,1% dan status gizi gemuk 9,6%.

Sesuai dengan standar WHO, kategori untuk masalah gizi adalah kategori gizi akut-kronisjika prevalensi balita pendek 20% atau lebih dan balita kurus 5% atau lebih. Kategori kronis jika dengan prevalensi balita pendek seba­nyak 20% atau lebih dan balita kurus kurang dari 5%. Kategori akut adalah prevalensi balita pendek kurang dari 20% dan balita kurus sebanyak 5% atau lebih. Tidak ada masalah gizi masyarakat jika prevalensi balita pendek kurang dari 20% dan balita kurus kurang dari 5%.

Berdasarkan kategori ter­se­­but maka Propinsi Su­matera Barat pada tahun 2015 memi­liki prevalensi balita pendek (status gizi sangat pendek + pen­dek) yaitu 27,6% dan pre­va­lensi kurus (status gizi sangat kurus + kurus)yaitu 9,6%, maka masalah gizi balita (usia 0-59 bulan) di Propinsi Sumatera Barat tergo­long akut-kronis. Jika dillihat dari laporan PSG 2015 dari Direktorat Gizi Masyarakat Kemenkes RI, kategori akut-kronis juga dialami oleh ham­pir sebagian besar Propinsi di Indonesia,

Intervensi yang dilakukan disesuaikan dengan perbe­daan arti nama bayi karakteristik masalah gizi yang dihadapi. Masalah gizi kronis perlu mening­katkan perananintervensi sen­sitif yaitu upaya untuk men­cegah dan mengurangi gang­guan secara tidak langsung melalui berbagai kegiatan pembangunan non kesehatan seperti ketahanan pangan, sistem kesehatan, air bersih dan sanitasi, jaminan sosial, program pengentasan kemis­kinan dan pertumbuhan eko­nomi serta upaya-upaya yang bersifat lintas sektor dan tidak hanya dilakukan oleh sektor kesehatan.

Masalah gizi yang bersifat akut perlu ditingkatkan inter­ven­si spesifik yaitu upaya untuk mencegah dan mengu­rangi gangguansecara lang­sung dan kegiatan ini pada umumnya dilakukan oleh sektor kesehatan seperti konse­ling gizi dan pembe­rian maka­nan tambahan. Masalah gizi yang bersifat kronis dan akut perlu meningkatkanperanan intervensi sensitif dan pembe­rian makanan tambahan

Perlu juga dilakukan pen­ce­gahan dini terjadinya balita kurus dengan memprio­ritas­kan intervensi pada kelompok balita normal dengan risiko tinggi karena gangguan gizi pada awal kehidupan atau pada masa balita akan berdampak pada peningkatan risiko gang­guan metabolik dan akan be­ru­jung pada kejadian pe­nyakit tidak menular (degeneratif) seperti diabetes mellitus tipe II, stroke, jantung dan penya­kit degeneratif lainnya pada usia dewasa.


Atas
   
 
Tampilkan post-post sebelumnya:  Urutkan sesuai  
   [ 1 post ] 

Waktu dalam UTC + 7 jam


Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu


Anda tidak dapat membuat topik baru di forum ini
Anda tidak dapat membalas topik di forum ini
Anda tidak dapat mengubah post anda di forum ini
Anda tidak dapat menghapus post anda di forum ini
Anda tidak dapat mempost lampiran di forum ini

Cari:
Lompat ke:  
cron
POWERED_BY