Forum Diskusi

Media komunikasi interaktif
Sekarang ini Jum Des 13, 2019 1:58 am

Waktu dalam UTC + 7 jam




   [ 1 post ] 
Pengarang Pesan
PostDipost: Sen Agt 07, 2017 3:14 pm 

Bergabung: Jum Feb 06, 2015 5:35 pm
Post: 81
Walau cakupan program penambahan gizi telah cukup tinggi, optimalisasi dari implementasi intervensi program yang berkwalitas dalam soal turunkan stunting (badan pendek) mesti selalu dikerjakan. Intervensi pemberian gizi jadi kunci untuk turunkan angka pasien kekerdilan.

Sekian arahan Menteri Koordinator Bagian Pembangunan Manusia serta Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dalam rapat koordinasi tingkat menteri bertopik " Percepatan Penurunan Prevalensi Stunting " di Ruangan Rapat Lantai 7 Kementerian Koordinator PMK di Jakarta, Senin (24/7).

Menko PMK juga mengutamakan pentingnya kwalitas proses intervensi pemberian gizi yang maksimal. " Intervensi perlakuan stunting yang terintegrasi dengan Pergerakan Orang-orang Hidup Sehat (Germas), penyediaan air bersih, serta sanitasi, ” katanya.

Rakor itu adalah tindak lanjut dari rapat pada 12 Juli 2017 di Kantor Wakil Presiden (Wakil presiden). Maksud rapat untuk menajamkan streaming manchester united beragam identifikasi problem supaya jadi lebih terlalu fokus pada gagasan kerja serta implementasi perlakuan stunting. Perlakuan stunting di rasa perlu karna beresiko pada kecerdasan, kerentanan pada penyakit, serta selanjutnya menyebabkan produktivitas yang rendah.

Stunting yaitu keadaan tidak berhasil tumbuh pada anak serta balita akibatnya karena kekurangan gizi kritis. Kekurangan gizi berlangsung mulai sejak bayi dalam kandungan, serta pada awal masa anak lahir. Mengenai intervensi yang begitu strategis dalam perlakuan stunting yaitu pada 1. 000 hari pertama kehidupan (masa dalam kandungan serta hingga 2 th.).

Pemerintah dalam RPJMN sudah membidik bisa turunkan prevalensi stunting dari status awal 32, 9% turun jadi 28% pada 2019. Sesaat, berdasar pada data Kementerian Kesehatan 2016, prevalensi stunting diprediksikan ada pada 27, 5% yang melukiskan kalau kebijakan pemerintah dalam perlakuan stunting telah sesuai dengan tujuan RPJMN.

Lewat rakor itu, diinginkan bentuk intervensi perlakuan stunting bisa lebih efisien serta kementerian/instansi (K/L) juga akan menguatkan program dan aktivitas semasing untuk percepat perlakuannya.

Perlakuan stunting memerlukan kolaborasi program K/L yang dengan regular sudah dikerjakan, yaitu penambahan derajat kesehatan ibu serta anak, sosialisai serta edukasi untuk ASI Exclusive, program 4 sehat 5 prima, dan pernikahan diatas umur 19 th. untuk wanita. Program yang lain yaitu penguatan service kesehatan basic berkwalitas dan pembangunan infrastruktur air minum serta sanitasi.

K/L juga butuh lakukan penguatan serta penajaman berkaitan perlakuan stunting, seperti melakukan aktivitas supaya bisa mencapai grup strategis yang lebih luas (ibu, anak, pasangan umur subur, keluarga, sekolah, serta yang lain). Diluar itu, membuat infrastruktur berkaitan dengan kesehatan supaya bisa difokuskan di lokasi riskan stunting serta program-program K/L yang lain dapat juga turut mensupport aktivitas perlakuan di lokasi itu.

Lantas, K/L yang mempunyai tenaga lapangan, seperti pendamping PKH, penyuluh BKKBN, pendamping desa, serta yang lain juga mesti bisa turut memberi sosialisasi serta edukasi pada orang-orang terkait dengan tingkah laku hidup sehat, termasuk juga memberi materi sosialisasi serta edukasi dengan massif oleh K/L.

Ikut ada dalam rakor itu yaitu Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki, serta Sekretaris Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Bambang Widianto.


Atas
   
 
Tampilkan post-post sebelumnya:  Urutkan sesuai  
   [ 1 post ] 

Waktu dalam UTC + 7 jam


Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu


Anda tidak dapat membuat topik baru di forum ini
Anda tidak dapat membalas topik di forum ini
Anda tidak dapat mengubah post anda di forum ini
Anda tidak dapat menghapus post anda di forum ini
Anda tidak dapat mempost lampiran di forum ini

Cari:
Lompat ke:  
cron
POWERED_BY