Forum Diskusi

Media komunikasi interaktif
Sekarang ini Jum Des 13, 2019 2:23 am

Waktu dalam UTC + 7 jam




   [ 1 post ] 
Pengarang Pesan
PostDipost: Kam Sep 28, 2017 11:36 pm 

Bergabung: Jum Feb 06, 2015 5:35 pm
Post: 81
PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) serta PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia) dengan Indonesia Nutrition Association (INA) yang di dukung oleh Pemerintah Kota Yogyakarta mengajak warga kota Gudeg ikuti acara Karnaval Mari Melek Gizi (AMG) 2017.

Karnaval yang dikerjakan dari Benteng Vrederburg menuju Taman Pandai ini adalah sisi dari rangkaian program edukasi gizi seimbang yang dikerjakan oleh Sarihusada serta Nutricia yang tergabung dalam Danone Early Life Nutrition (ELN) dalam rencana memperingati Hari Gizi Nasional 2017 yang jatuh di tanggal 25 Januari tiap-tiap th.. Hari Gizi Nasional adalah peristiwa yang pas untuk mengingatkan perlunya kerja sama antar pemangku kebutuhan dalam mensupport penambahan status gizi orang-orang.

Sekarang ini Indonesia masih tetap hadapi problem gizi ganda, yakni kekurangan serta tv online keunggulan gizi. Riskesdas 2013 mengungkap 1 dari 3 anak termasuk pendek (stunting) karena kekurangan gizi menahun hingga berisiko alami masalah perkembangan serta perubahan. Di bagian beda, prevalensi keunggulan gizi juga bertambah. Angka overweight serta obesitas pada pria yaitu 20% sesaat wanita sebesar 35%. Obesitas bisa jadi awal dari beragam penyakit. Di Yogyakarta sendiri, walau angka malnutrisi masih tetap jauh dibawah angka nasional, 15, 2% anak umur 5-12 th. masih tetap alami kekurangan daya, terlebih mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Disamping itu masyarakat yang tinggal di daerah perdesaan semakin banyak alami kekurangan protein (41, 0%) di banding yang tinggal di daerah perkotaan sebesar 36, 5%1.

“Pemerintah Kota Yogyakarta begitu mensupport usaha pihak swasta dalam mengedukasi orang-orang mengenai gizi seimbang lewat Karnaval Mari Melek Gizi 2017. Untuk hadapi persoalan gizi memanglah diperlukan kerjasama pada pemerintah, bidang industri, asosiasi serta orang-orang, " Drs. Sulistiyo, SH. CN. M. Si, Penjabat Walikota Yogyakarta.

Dr. dr. Luciana B. Sutanto, MS, SpGK menyebutkan kalau orangtua mesti mengerti apa yang baik dikonsumsi oleh semua anggota keluarga. Pengetahuan mengenai gizi seimbang baiknya gampang diterapkan dalam alur makan keseharian serta pas nilai gizinya.

“Keluarga dapat berdasar pada Piring Makanku saat sediakan sajian dalam jumlah sekali makan, hingga anak ataupun orangtua senantiasa memeroleh macam konsumsi gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, serat serta air dalam jumlah yang cukup. ”

Menurut dr. Luciana, untuk jumlah sekali makan, piring dapat di isi setengahnya dengan makanan pokok seperti nasi atau roti serta lauk-pauk, sesaat 1/2 sisi bekasnya dipenuhi dengan sayur serta buah-buahan. Selain itu, mengkonsumsi gula, garam serta minyak mesti dibatasi.

Untuk mensupport alur makan bergizi seimbang sekalian mempromosikan kelebihan bahan pangan lokal, sebelumnya mulai jalan sehat peserta Karnaval AMG 2017 yang sejumlah lebih dari 500 orang di ajak untuk nikmati sarapan dengan berdasar pada dasar Piring Makanku. Uniknya, makanan yang dihidangkan memiliki bahan basic bahan pangan lokal Yogyakarta seperti thiwul, telur bacam serta sayur lombok ijo. “Bahan pangan lokal umumnya harga nya lebih ekonomis, hingga orang-orang memiliki kesempatan untuk peroleh type makanan yang lebih beragam, ” lanjut Dr. dr. Luciana.

Ni Wayan Suriastini, Pemerhati Anak dari Yayasan Pendidikan Integral Satu Bumi menyebutkan, pengetahuan gizi yang baik serta benar begitu diperlukan oleh orangtua untuk menolong penuhi hak-hak anak. Saat membahas kesehatan anak dengan spesial, ada dua tema perlu, yakni hak peroleh akses kesehatan serta hak peroleh makanan bergizi. Pada Karnaval Mari Melek Gizi 2017 ini, kita dapat bersama mengingatkan orang-orang, terlebih orangtua, mengenai perlunya memberi makanan yang bergizi pada anak.

Disamping itu Arif Mujahidin, Communications Director Danone di Indonesia menyebutkan, karnaval Mari Melek Gizi sudah masuk th. ke-3.

" Kesempatan ini Sarihusada dengan Nutricia jadi sisi dari Danone Early Life Nutrition mengajak umum mengerti perlunya gizi seimbang lewat cara yang mengasyikkan. Dengan hal tersebut, orang-orang diinginkan memeroleh pengetahuan lebih dalam mengenai nutrisi yang berbuntut pada perubahan tingkah laku mengkonsumsi yang tambah baik serta sesuai sama dasar gizi seimbang, " tutur Arif.

Karnaval AMG 2017 berisi beberapa tv one streaming kesibukan menarik untuk karyawan Sarihusada serta Nutricia, keluarga, ataupun orang-orang umum. Salah nya ialah funwalk atau jalan sehat dari Benteng Vrederburg menuju Taman Pandai, karna Sarihusada serta Nutricia yakini alur makan yang baik harus juga di dukung oleh kesibukan fisik yang cukup. Beberapa peserta funwalk kenakan kostum tradisionil serta membawa beberapa makanan ciri khas Yogyakarta sembari menyerukan pesan-pesan perlu berkaitan gizi seimbang.

Selesai funwalk, semangat kerjasama dalam mengedukasi beberapa peserta juga dituang lewat aktivitas mendongeng untuk beberapa peserta yang dipersembahkan oleh karyawan Sarihusada serta Nutricia dengan relawan Mari Dongeng Indonesia dengan topik mengetahui serta nikmati makanan bergizi. Diluar itu, beberapa karyawan juga berperan serta membawa makanan sehat buatan tempat tinggal dalam bazaar makanan bergizi.

Pada saat ini, Indonesia Nutrition Association (INA) juga memberi service konsultasi gratis serta edukasi yang di buka untuk semua peserta dengan melibatkan 2 dokter spesialis gizi klinik serta 8 pakar gizi. Untuk lengkapi usaha Sarihusada serta Nutricia dalam tingkatkan kesadaran mengenai alur makan gizi seimbang, donasi berbentuk beberapa ribu product susu bergizi untuk keluarga juga diserahkan pada GKR Mangkubumi sebagai Ketua Komunitas CSR Kessos D. I. Yogyakarta.

Rangkaian aktivitas peringatan Hari Gizi Nasional 2017 oleh Sarihusada serta Nutricia berjalan dalam periode Januari - Februari 2016. Sebelumnya Karnaval AMG, Sarihusada serta Nutricia mengadakan kampanye mengenai alur makan bergizi dengan dasar Piring Makanku di kanal digital. Rangkaian juga akan ditutup dengan peluncuran buku mengenai tumbuh kembang maksimal ibu serta anak, hasil kerjasama Danone ELN dengan Asosiasi Jurnalis Kesehatan.


Atas
   
 
Tampilkan post-post sebelumnya:  Urutkan sesuai  
   [ 1 post ] 

Waktu dalam UTC + 7 jam


Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu


Anda tidak dapat membuat topik baru di forum ini
Anda tidak dapat membalas topik di forum ini
Anda tidak dapat mengubah post anda di forum ini
Anda tidak dapat menghapus post anda di forum ini
Anda tidak dapat mempost lampiran di forum ini

Cari:
Lompat ke:  
cron
POWERED_BY