Forum Diskusi

Media komunikasi interaktif
Sekarang ini Sel Des 18, 2018 11:15 pm

Waktu dalam UTC + 7 jam




   [ 1 post ] 
Pengarang Pesan
PostDipost: Sel Sep 12, 2017 12:24 am 

Bergabung: Kam Agt 24, 2017 1:03 am
Post: 5
Tersebut juga akan saya paparkan beberapa macam cara evaluasi yang efisien agar bisa dikerjakan. Terutama beberapa pendidik atau beberapa calon pendidik. Sampai kini kita cuma familiar atau bahkan juga senantiasa cuma memakai cara seperti ceramah. walau sebenarnya banyak terkecuali cara itu yang bisa dipakai serta efisien dalam usaha tingkatkan pemahaman peserta didik pada materi yang kita berikan serta selanjutnya maksud dari evaluasi yang telah kita tentukan dimuka terwujud bersama baik serta juga akan tecipta evaluasi yang berkwalitas dan terwujud pengalaman-pengalaman yang menarik.

Setelah itu anda bisa mengklik cara berikut ini, karna dalam micro teaching di daftar mata kuliah saya serta termasuk juga dalam kajian kependidikan jadi di sini juga akan diterangkan dengan singat untuk semasing cara itu.

MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE

Satu diantara jenis yang sekarang ini popular dalam evaluasi yaitu Jenis Evaluasi Picture and Picture ini adalah satu diantara bentuk jenis evaluasi kooperatif. Jenis evaluasi kooperatif adalah satu jenis evaluasi yang memprioritaskan ada beberapa grup. Evaluasi kooperatif yaitu evaluasi yang dengan sadar serta systematis meningkatkan hubungan yang sama-sama asah, silih asih, serta silih asuh. Jenis evaluasi Picture and Picture yaitu satu cara belajar yang memakai gambar serta dipasangkan/diurutkan jadi posisi logis.
Evaluasi ini mempunyai ciri Aktif, Inovatif, Kreatif, serta Mengasyikkan. Jenis apa pun yang dipakai senantiasa mengutamakan aktifnya peserta didik dalam tiap-tiap sistem evaluasi. Inovatif tiap-tiap evaluasi mesti memberi suatu hal yang baru, berlainan serta senantiasa menarik ketertarikan peserta didik. Serta Kreatif, tiap-tiap pembelajarnya mesti menyebabkan ketertarikan pada peserta didik untuk hasilkan suatu hal atau bisa merampungkan satu problem bersama memakai metoda, tehnik atau langkah yang dikuasai oleh siswa tersebut yang didapat dari sistem evaluasi.
Jenis Evaluasi ini memercayakan gambar jadi media dalam sistem evaluasi. Gambar-gambar ini jadi factor paling utama dalam sistem evaluasi. Hingga sebelumnya sistem evaluasi guru telah mempersiapkan gambar yang juga akan dipertunjukkan baik berbentuk kartu atau berbentuk carta dalam ukuran besar. Atau bila di sekolah telah memakai ICT dalam memakai Power Point atau software yang beda.
Menurut Johnson & Johnson, prinsip basic dalam jenis evaluasi kooperatif picture and picture yaitu seperti berikut :
1. Tiap-tiap anggota grup (siswa) bertanggungjawab atas semua suatu hal yang ditangani dalam kelompoknya.
2. Tiap-tiap anggota grup (siswa) mesti ketahui kalau semuanya anggota grup memiliki maksud yang sama.
3. Tiap-tiap anggota grup (siswa) mesti membagi pekerjaan serta tanggung jawab yang sama diantara anggota kelompoknya.
4. Tiap-tiap anggota grup (siswa) juga akan dikenai pelajari.
5. Tiap-tiap anggota grup (siswa) sharing kepemimpinan serta memerlukan ketrampilan untuk belajar dengan sepanjang sistem belajarnya.
6. Tiap-tiap anggota grup (siswa) juga akan disuruh mempertanggungjawabkan dengan perorangan materi yang dikerjakan dalam grup kooperatif.
Sesuai sama bersama namanya, type ini memakai media gambar dalam sistem evaluasi yakni bersama langkah menempatkan/mengurutkan gambar-gambar jadi posisi yang logis. Dengan cara begini diinginkan siswa dapat berfikir bersama logis hingga evaluasi jadi berarti.
Beberapa langkah dalam Jenis Evaluasi Picture and Picture yaitu seperti berikut :
1. Guru mengemukakan kompetensi yang menginginkan dicapai
Di langkah ini guru diinginkan untuk mengemukakan apakah sebagai Kompetensi Basic mata pelajaran yang berkaitan. Bersama sekian jadi siswa bisa mengukur hingga sejauh mana yang perlu dikuasainya. Selain itu guru harus juga mengemukakan indicator-indikator ketercapaian KD, hingga hingga di mana KKM yang sudah diputuskan bisa diraih oleh peserta didik.
2. Menghidangkan materi jadi pengantar.
Penyajian materi jadi pengantar suatu hal yang begitu perlu, dari sini guru memberi momentum permulaan evaluasi. Keberhasilan dalam sistem evaluasi bisa diawali dari sini. Karna guru bisa memberi motivasi yang menarik tv online indonesia perhatian siswa yang sampai kini belum juga siap. Bersama motivasi serta tehnik yang baik dalam pemberian materi juga akan menarik ketertarikan siswa untuk belajar lebih jauh mengenai materi yang dipelajari.
3. Guru tunjukkan/memerlihatkan gambar-gambar aktivitas terkait bersama materi.
Dalam sistem penyajian materi, guru mengajar siswa turut ikut serta aktif dalam sistem evaluasi bersama mencermati tiap-tiap gambar yang ditunjukan oleh guru atau oleh rekannya. Bersama Picture atau gambar kita juga akan menghemat energy kita serta siswa semakin lebih gampang mengerti materi yang di ajarkan. Dalam perkembangakan setelah itu jadi guru bisa memodifikasikan gambar atau ganti gambar bersama video atau demontrasi yang aktivitas spesifik.
4. Guru menunjuk/menyebut siswa dengan bertukaran menempatkan/mengurutkan gambar-gambar jadi posisi yang logis.
Di langkah ini guru mesti bisa lakukan inovasi, karna penunjukan dengan segera terkadang kurang efisien serta siswa terasa terhukum. Satu diantara langkah yaitu bersama undian, hingga siswa terasa memanglah mesti menggerakkan pekerjaan yang perlu diberi.
Gambar-gambar yang telah ada disuruh oleh siswa untuk diurutan, di buat, atau dimodifikasi.
5. Guru bertanya argumen/basic pemikiran posisi gambar itu.
Kemudian bawalah siswa temukan rumus, tinggi, jalan narasi, atau tuntutan KD bersama indicator yang juga akan diraih. Bawalah sebanyak mungkin peranan siswa serta rekan yang beda untuk menolong hingga sistem diskusi dalam PBM makin menarik.
6. Dari argumen/posisi gambar itu guru mulai menanamkan rencana/materi sesuai sama bersama kompetensi yang menginginkan diraih.
Dalam sistem diskusi serta pembacaan gambar ini guru mesti memberi penekanan-penekanan pada hal semacam ini diraih bersama memohon siswa beda untuk mengulangi, menuliskan atau bentuk beda bersama maksud siswa ketahui kalau hal itu perlu dalam perolehan KD serta indicator yang sudah diputuskan. Yakinkan kalau siswa sudah kuasai indicator yang sudah diputuskan.
7. Rangkuman/rangkuman
Diakhir evaluasi, guru dengan siswa ambil rangkuman jadi penguatan materi pelajaran

Keunggulan serta kekurangan jenis evaluasi Picture and Picture :
Keunggulan :
1. Guru lebih ketahui kekuatan semasing siswa.
2. Melatih berfikir logis serta systematis.
3. Menolong siswa belajar berfikir berdasar pada pojok pandang satu subyek bahasan bersama memberi kebebasan siswa dalam praktek berfikir,
4. Meningkatkan motivasi untuk belajar yang tambah baik.
5. Siswa dilibatkan daiam rencana serta pengelolaan kelas
Kekurangan :
1. Menelan banyak waktu
2. Banyak siswa yang pasif.
3. Guru cemas kalau juga akan berlangsung kekacauan dikelas.
4. Banyak siswa tidak suka jika diminta bekerja bersama bersama yang lain
5. Diperlukan support sarana, alat serta cost yang cukup memadai

KESIMPULAN
Jenis evaluasi Picture and Picture yaitu satu cara belajar yang memakai gambar serta dipasangkan/diurutkan jadi posisi logis. Evaluasi ini mempunyai ciri Aktif, Inovatif, Kreatif, serta Mengasyikkan. Jenis Evaluasi ini memercayakan gambar jadi media dalam sistem evaluasi. Gambar-gambar ini jadi factor paling utama dalam sistem evaluasi.
Menurut Johnson & Johnson, prinsip basic dalam jenis evaluasi kooperatif picture and picture yaitu seperti berikut :


Atas
   
 
Tampilkan post-post sebelumnya:  Urutkan sesuai  
   [ 1 post ] 

Waktu dalam UTC + 7 jam


Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 0 tamu


Anda tidak dapat membuat topik baru di forum ini
Anda tidak dapat membalas topik di forum ini
Anda tidak dapat mengubah post anda di forum ini
Anda tidak dapat menghapus post anda di forum ini
Anda tidak dapat mempost lampiran di forum ini

Cari:
Lompat ke:  
cron
POWERED_BY