Forum Diskusi

Media komunikasi interaktif
Sekarang ini Sen Des 10, 2018 6:58 am

Waktu dalam UTC + 7 jam




   [ 1 post ] 
Pengarang Pesan
PostDipost: Sel Nov 27, 2018 7:44 am 

Bergabung: Min Mei 11, 2014 6:02 pm
Post: 68
Sampah plastik menjadi masalah yang solusinya masih jauh dari kenyataan. Tak hanya mencemari lingkungan, sampah dalam bentuk plastik mikro berpotensi pula mengganggu kesehatan manusia.

Ahli nutrisi Tan Shot Yen mengatakan, plastik mikro mempunyai implikasi untuk kesehatan manusia di masa mendatang. Mulai dari gangguan organ hingga masalah reproduksi.

Ia menjelaskan, bukti-bukti cemaran yang kasat mata seperti kasus hewan laut yang mati akibat polusi plastik sudah menjadi alarm bahaya. Cepat atau lambat masalah serupa akan memberi dampak bagi manusia.

“Hanya saja, tidak dalam rupa seperti kalau kita mengonsumsi sesuatu yang terkontaminasi bakteri lalu sakit perut saat itu juga. Kontaminan atau polusi dalam kehidupan manusia membutuhkan akumulasi hingga dosis tertentu kemudian memberi gambaran nyata berupa penyakit atau gangguan organ hingga masalah reproduksi dan tumbuh kembang,” katanya

Ia mengungkap salah satu studi menemukan dalam 1 kilogram garam laut saat ini telah tercemar oleh lebih dari 600 plastik mikro. Kemudian jika manusia mengonsumsi 5 gram garam, bisa diandaikan secara tidak langsung tiap hari tubuhnya kemasukan tiga mikroplastik.

Tak hanya itu, ia menyebut plastik mikro ini juga telah mencemari hewan-hewan termasuk ikan di lautan yang dikonsumsi manusia. Berdasarkan laporan PBB 2016 tercatat lebih dari 800 spesies hewan terkontaminasi plastik melalui saluran cerna. Data tersebut tercatat 69 persen lebih tinggi dibanding catatan pada 1977.

“Mikroplastik dengan ukuran lebih kecil seperti nano dapat bertahan dalam tubuh hewan laut dan berpindah dari saluran cerna masuk ke dalam sistem sirkulasi atau jaringan tubuhnya,” katanya.

Ia menyebutkan, live streaming yalla shoot cemaran plastik yang tidak kasat mata (plastik mikro) tidak sama antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Diperkirakan wilayah yang padat pemukiman atau habitat manusia mempunyai risiko lebih tinggi ketimbang bagian bumi lain yang penduduknya jarang.

Ia menjelaskan, plastik berukuran nano yang merupakan partikel non-degradasi masuk melalui jalur makan/oral, dengan perantaraan sel epitel khusus dalam selaput lendir sistem pencernaan masuk ke dalam sistem peredaran darah juga sistem limfatik. Plastik mikro lalu berkelana hingga ke dalam hati dan kantung empedu.

Kemudian penelitian Seltenrich mengungkap ukuran dan kemampuannya menembus plasenta serta sawar otak (blood brain barrier) memberi gambaran bagaimana nano plastik ini akan mempengaruhi janin dan sistem saraf manusia. Penelitian lain membuktikan, plastik mikro berisiko pada jantung dan paru, genotoksisitas, reaksi peradangan, stres oksidatif, efek terhadap penyerapan zat gizi, gangguan pada mikro flora dan sistem reproduksi.

Hingga kini, ia menyebut penelitian masif di luar negeri masih berjalan. Kesimpulan perlu dilakukan tindakan agresif melawan polusi laut karena akan merugikan manusia.

Dokter Tan namun meminta masyarakat tidak menghindari ikan dan hasil laut untuk konsumsi. “Sangat tidak bijaksana hanya karena masalah polusi laut maka manusia menggeser sumber proteinnya apalagi sampai manusia merasa perlu membuat pangan industri. Yang salah kan perilaku manusia yang menyampah, jadi logika yang benar adalah meluruskan perilaku tersebut bukan membiarkannya,” ujarnya.

Beberapa hari terakhir, isu sampah plastik di laut menjadi sorotan. Seekor paus sperma yang terdampar di wilayah pantai perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara, ditemukan tewas dengan sampah plastik seberat 5,9 kg.

_________________
yalla shoot


Atas
   
 
Tampilkan post-post sebelumnya:  Urutkan sesuai  
   [ 1 post ] 

Waktu dalam UTC + 7 jam


Siapa yang online

Pengguna yang berada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar dan 1 tamu


Anda tidak dapat membuat topik baru di forum ini
Anda tidak dapat membalas topik di forum ini
Anda tidak dapat mengubah post anda di forum ini
Anda tidak dapat menghapus post anda di forum ini
Anda tidak dapat mempost lampiran di forum ini

Cari:
Lompat ke:  
cron
POWERED_BY